GroupM bersama ke-lima agency nya menawarkan jasa kepada
para pengiklan untuk dapat menginvestasikan
dana yang mereka miliki dengan baik dan efektif. Sehingga iklan yang dipasang
tidak percuma apalagi salah sasaran.
Adapun iklan-iklan tersebut nantinya akan dipasang dalam berbagai media,
seperti yang seringkali kita lihat yaitu antara lain; televisi, website,
billboard, radio, bahkan di fasilitas-fasilitas umum yang bahkan seringkali
kita ga sadar bahwa itu iklan.
Dari sekian banyak media yang
telah disebutkan di atas, salah satunya yang paling sering dan mudah dilihat
adalah iklan di TV. Setuju gak? Sekarang
coba perhatikan deh di sekeliling kita, rasa-rasanya
sudah jarang ya rumah tanpa televisi di dalamnya. Nah itu juga menjadi salah
satu alasan mengapa minat memasang iklan di TV masih tinggi hingga sekarang
walaupun ‘virus’ internet atau dunia online makin meluas.
GroupM dan berbagai media agency lainnya
menggunakan jasa Nielsen untuk mendapatkan data mengenai pola-menonton-televisi
dari regional yang berbeda-beda. Nah, berbekal data tersebut si media agency
jadi paham channel mana dan program apa saja yang bagus untuk dia memasang
iklan supaya banyak ditonton orang, pesannya tersampaikan, lalu berhasil deh.
Untuk proses panjang dari advertiser sampai pada tahap iklannya tersiar, dapat dipersingkat melalui
poin-poin di bawah ini.
- Advertiser menghubungi agency media yang dipilih
- Briefing dan ngobrol mengenai tujuan, budget, iklan seperti apa, dsb
- Media agency memproses brief dari klien dan mencari spot terbaik dengan kesesuaian jumlah budget
- Media agency mengontak stasiun televisi (atau media lainnya) perihal pemasangan iklan di spot acara mereka.
- Iklan disiapkan dan tayang.
- Setelah tayang, media agency bertugas untuk memonitor apakah iklan sudah terpasang dengan baik dan sesuai perjanjian.
Satu catatan penting, media agency ini berbeda ya dengan creative agency. Yang satu menginvestasikan dana klien untuk pemasangan iklan, sedangkan yang satu lagi membuat iklan dari tiada menjadi ada. Jadi, begitulah kurang lebih penjelasan mengenai proses kerja media agency dan istilah rating yang sangat akrab dengan dunia periklanan. Sebenarnya masih sangat banyak istilah lainnya, nanti di postingan berikutnya akan dibahas lagi ya.
Semoga bermanfaat. Cheerio!
Great Blog since the design, content and language are fabulous
ReplyDeleteThank you, Colidoliyori..
ReplyDeleteStick around. We hope you'd be inspired and get useful knowledge by reading our posts
good blog to follow!!!
ReplyDeleteCreative Media Agency
Digital platforms are today’s storybooks. But they don’t just contain stories; they make them richer, more powerful and easier to share. To make full use of these dynamic channels, you need a clearly plotted digital strategy. We construct digital frameworks that build collaborative relationships with your target audiences, supporting your business strategy and objectives. Our ability to understand the customer’s perspective and translate this understanding to an online environment sets us aside from our competition and our website application framework is second-to-none when it comes to scalability, performance and ease of management. We combine strategy, creativity and technology to breathe life into your brand's digital eco-system.
ReplyDeleteMilestone is a digital agency jakarta and for throughout indonesia. Find at http://milestone.co.id for more informations.