Gimana caranya masukin gajah ke dalam kulkas?
Buka kulkasnya, masukin gajahnya, tutup kulkasnya
Gimana caranya masukin gorila ke dalam kulkas?
Buka kulkasnya, keluarin gajahnya, masukin
gorilanya, tutup kulkasnya
Gimana caranya masukin tikus ke dalam kulkas?
Buka kulkasnya, masukin tikusnya, tutup kulkasnya.
Tikus kan kecil, muat kok doi ama gorila.
Pernah dengar tebak2an (agak kurang) lucu di
atas?
Ok, caranya masarin gorila ga akan semudah itu.
Terus gimana caranya masarin gorila?
Hah are you retarded or something? why do we have
to discuss how to sell a big fury-scary main actor on KingKong movie?
Hahaha, sebenarnya blog MMT Batch 2 GroupM kita
kali ini mau ngebahas tentang yang namanya "Guerilla Marketing" dan
meskipun terdengar seperti "Gorilla Marketing" dan kemungkinan
banyak orang awam yang salah tangkap, tenang saja kita tidak sedang menyuruh
anda sekalian untuk menjual gorila dengan ilegal dan berurusan dengan WWF kok.
Ok, biar MMT Batch 2 GroupM ga
makin dicurigai atas penjualan ilegal hewan langka, mari kita langsung bahas
apa itu "Guerilla Marketing" sebenarnya.
Pada dasarnya Guerilla Marketing adalah
kampanye promosi atas suatu brand tertentu hanya saja caranya tidak
seperti iklan biasa.
Guerilla Marketing haruslah
bersifat kreatif, orisinil, dan biasanya hanya menghabiskan sedikit biaya
karena dimaksudkan sebagai campaign yang lo-cost hi-impact.
Karena tidak menggunakan cara-cara konvensional,
kunci dari Guerilla Marketing adalah memancing ketertarikan
dan interaksi yang mana biasanya terjadi secara tidak terduga di tempat yang
juga tidak lazim. Tujuan dari Guerilla Marketing sendiri
adalah menciptakan konsep campaign yang unik, menarik, dan provokatif
sehingga dapat menghasilkan suatu buzz yang berujung pada viral (menyebar
bagai virus).
Sebutan Guerilla Marketing sendiri
berasal dari nama taktik perang gerilya, atau Guerilla Warfare, yang
taktik penyerangannya berbentuk penyerangan sekelompok kecil pasukan yang
mengendap-endap memasuki wilayah musuh untuk meruntuhkan pertahanan musuh
dengan jumlah lebih besar secara diam-diam.
No comments:
Post a Comment