Pages

Wednesday, May 30, 2012

Facebook Now & Then (2): The IPO

Bagaimana saudara saudari sekalian sudah mulai manggut-manggut baca postingan Facebook part 1?
Dan ada yang udah gregetan dan penasaran ttg kelanjutan di part 2-nya tapi ko semalem ga muncul2?
Tenang! Kesalahan bukan pada PC maupun koneksi internet anda. Tapi semalam penulis memang ketiduran dan lupa ngepost, hahaha.
Harap dimaklum ya, biasalah kegiatan MMT Batch 2 GroupM kan macam socialite-socialite gitu. Prinsipnya MMT Batch 2 GroupM  pun kan "work smart, play hard", hahaha.

Ok, biar ga makin ngalor ngidul mari kita buka lapak Facebook ke-2 ini.
Di part 2 ini gw akan sedikit berbagi tentang berita yang cukup menghebohkan di dunia finansial, serta dunia digital yang merupakan ranahnya kakak-kakak GroupM Interaction Indonesia, yaitu Facebook IPO.
IPO IPO cha cha cha, cha cha, kobo duduk di atas batu~~
Hmm kalo yang terpikir dari kata IPO oleh anda adalah lagu tersebut di atas, entah memang kita generasi yang sama2 menonton film kartun "Kobo-Chan", atau memang anda yang terlalu garing.

Nah, sebenarnya IPO itu sendiri merupakan singkatan dari Initial Public Offering, atau simpelnya adalah penjualan saham pertama kali yang dilakukan oleh sebuah perusahaan. Setelah mendapat sesi mengenai social media dari tim GroupM Interaction Indonesia, pikiran mengenai kerasnya persaingan dunia digital pun langsung berkelebat, siapa yang lemah dan tanpa inovasi akan langsung terlindas.
Dan menurut saya, langkah yang diambil Facebook ini luar biasa.

Selama ini Mark Zuckerberg selalu bertahan agar Facebook tidak dijual kepada pihak manapun dengan alasan tidak mau adanya intervensi yang akan mempengaruhi inovasi-inovasinya. Tapi, tiap perusahaan pasti membutuhkan tambahan modal untuk bisa me-leverage bisnisnya. Dan, voila!, gemparlah dunia saat Facebook memutuskan untuk IPO. Dengan menjual sebagian saham Facebook, yang notabene valuasinya sekarang sudah sangat sangat tinggi, Mark dapat merealisasikan ide-ide inovasinya lebih jauh lagi karena telah memiliki tambahan modal, tanpa kehilangan kendalinya atas Facebook dengan kepemilikan sahamnya yang mencapai 57%.

Selanjutnya, silahkan dinikmati infographicsnya!



Para pembaca yang budiman, maafkan kami kalo nampaknya infographicsnya kekecilan. Sesungguhnya kami, MMT Batch 2 GroupM, telah berusaha sedemikian rupa untuk memuaskan hasrat keilmuan kalian, tapi apa daya gambarnya cuma bisa segitu, haha. But, feel free ya kalo gambarnya mau di-copy dan diliat di viewer masing-masing, asal jgn lupa kalo mau share sekalian pajang address blog MMT Batch 2 GroupM ini ya, hehehe *numpang tenar*.

Dan pasti sekarang makin penasaran. Kalo sekarang Facebook udah jual saham, dengan nama indeks FB dan harga US$ 38/shares, berarti gimana peta persaingan dunia digital dengan pemain-pemain raksasanya?
Nantikan kelanjutan cerita ini di part 3-nya!
(Insya Allah) Kami rilis part 3-nya siang ini ya!

No comments:

Post a Comment