Pages

Sunday, May 27, 2012

Search Engine Marketing

MMT Batch 2 GroupM - Search Engine Marketing
Hai, salam dari MMT batch 2 GroupM!

Dalam post kali ini, kami ingin melanjutkan berbagi materi dari GroupM Interaction Indonesia, yaitu mengenai Search Engine Marketing (SEM). Wow! Apa itu Search Engine Marketing (SEM) dan apa bedanya dengan Search Engine Optimization (SEO)?

Mari kita telusuri lebih lanjut! 

SEM atau Search Engine Marketing adalah salah satu cara pemasaran melalui platform digital. Konsepnya tidak jauh berbeda dengan SEO, yaitu menggunakan keyword-keyword dengan tujuan memunculkan pada halaman atas search engine. Perbedaannya ada pada proses. 


SEO, seperti yang telah kita bahas, menggunakan cara yang alami, dimana website/blog/artikel didorong peringkatnya dengan optimalisasi keyword dan cara lainnya (dapat dilihat di sini). Tak heran bila SEO memakan waktu yang lama dan membutuhkan pengelolaan rutin, sebab peringkat pada search engine akan berubah-ubah seiring munculnya post-post baru yang terkait keyword tersebut.

Sedangkan untuk SEM, meskipun sama-sama menggunakan keyword, dalam prosesnya tidak menggunakan cara yang alami seperti SEO. SEM memungkinkan kita untuk muncul pada halaman atas search engine (halaman pertama) dalam tempo yang relatif cepat dan singkat.


Bagaimana hal itu bisa terjadi? 

Oh, sederhana saja. SEM menggunakan konsep bisnis dan beriklan. Pemasar akan dikenakan biaya atas setiap klik dari pengguna search engine yang mengunjungi website/blog/artikel dari link dengan keyword yang ditetapkan. 

Misalnya, saya memasarkan blog ini menggunakan SEM dengan keyword-keyword : 'MMT batch 2 GroupM' dan 'GroupM Interaction Indonesia'. Jika anda mengunjungi blog ini dengan menggunakan search engine dan melalui link berwarna (yang merupakan bentuk SEM), maka saya akan dikenakam biaya atas klik anda tersebut. Begitu pula dengan pengunjung-pengunjung lainnya. Hal ini kita kenal sebagai konsep Cost Per Click (CPC). 

Secara singkat, dapat dilihat bahwa SEM memungkinkan pemasar untuk membeli pengunjung. Fair trade. Pemasar membayar kepada pihak search engine untuk semua pengunjung yang datang dari link sponsor yang berwarna (highlight) dan terletak pada bagian atas search engine

Contoh Penampilan Ads dengan SEM

Terdengar sederhana dan mudah bukan? 

Oh, tentu tidak. Penggunaan SEM tidaklah semudah itu. Dalam penggunaan SEM, kita harus menggunakan strategi untuk menghadapi kompetisi dalam penggunaan keyword. Coba bayangkan berapa banyak orang yang menggunakan SEM dalam memasarkan website/blog/artikel-nya? Mungkin dengan keyword 'MMT batch 2 GroupM' dan 'GroupM Interaction Indonesia', kompetisi yang ada tidaklah mencekam. Namun, jika anda memasarkan sebuah brand dengan kompetitor head-to-head, maka persaingan pemilihan keyword bisa sangat sengit.

Oleh karena itu, saya ingin berbagi tips-tips singkat dari GroupM Interaction Indonesia.
1. Pemilihan keyword harus sesuai dan berkorelasi;
Keyword-keyword yang terlalu umum tidak akan mengundang pengunjung yang tepat. Tentunya kita tidak ingin dikenai biaya atas kunjungan yang hanya sekedar iseng atau salah klik, bukan? Pemilihan keyword yang spesifik dan tepat akan membantu kita untuk mendatangkan pengunjung yang tepat pula. 

2. Pemilihan copy atau gambar yang menarik dan sesuai;
Seperti layaknya iklan teks/gambar, jika copy (teks) atau gambar tidak menarik dan tidak menjawab kebutuhan pengguna internet, tentunya tidak akan mendatangkan pengunjung yang tepat. Pemilihan copy/gambar ini sangat menantang sebab hanya dibatasi dengan beberapa karakter saja. Oleh karena itu, pemasar harus pintar-pintar merangkai deskripsi website/blog/artikel sehingga mendatangkan kunjungan yang tepat.

3. Bidding Cost Per Click yang strategis;
Hal ini terkait persaingan dalam pemilihan keyword. Konsepnya sama dengan lelang, dimana pihak yang menawar harga klik paling tinggi akan lebih sering dimunculkan iklannya. Namun, dengan budget yang terbatas tentunya kita harus mengatur strategi bidding sehingga tidak terlalu memakan biaya yang tinggi tetapi tetap optimal. Strategi bidding ini dapat dilakukan dengan memantau kompetitor dalam penggunaan keyword yang sama tersebut.

Sebenarnya banyak sekali hal yang bisa di"main"kan dalam optimalisasi SEM ini. Kita tidak boleh takut-takut dan ragu, sebab pada dasarnya 'trial and error' merupakan proses belajar yang sangat baik.

Oh iya, seluruh hal mengenai SEM ini salah satunya dimungkinkan oleh Google Adwords. Google Adwords mengakomodasi pemasar untuk membuat campaign SEM, mengoptimalisasi budget, monitoring serta analisis report campaign. Google sangat bangga atas Google Adwords sebagai fasilitas SEM-nya dan mendukung pelajar-pelajar di seluruh dunia untuk mempelajari SEM lebih lanjut. Hal ini direalisasikan Google dengan penyelenggaraan kompetisi SEM tahunannya, yaitu Google Online Marketing Challenge. Saya telah ikut berkompetisi dan mempelajari SEM secara langsung dengan biaya dari Google.

I think you should join it too and apply these SEM tips!
Have fun and good luck! ;)

2 comments:

  1. artikelnya informatif banget, thanks ya semoga bisa menjadi refrensi bacaan menarik

    Jasa Pembuatan Website

    ReplyDelete
  2. Nice Post Semoga Post lainnya Bermanfaat Jangan Lupa Kunjungi Blog Ane http://aikawafaith.blogspot.com/

    ReplyDelete