Pages

Wednesday, May 2, 2012

TV Rating

MMT Batch 2 GroupM - TV Rating

Apa sih yang anda rasakan ketika Televisi di rumah anda rusak? Mungkin kesal dan bosan karena tidak bisa menonton program sinetron favorit ataupun tidak bisa melihat idola dalam program kesayangan anda. Televisi saat ini memang telah memiliki peranan yang sangat penting dalam kehiduapan manusia. hampir di setiap rumah setidaknya memiliki satu buah televisi. Mulai dari hanya sekedar mencari hiburan sampai dengan mencari informasi dapat dilakukan dengan bantuan televisi.

Namun, pernahkah anda menyadari, ada beberapa acara yang dihentikan penayangannya secara tiba-tiba, pindah jam tayang, atau bahkan ada beberapa sinetron yang jumlah episodenya terus ditambah? Hal tersebut terkait dengan penilaian dan evaluasi terhadap acara tersebut. Atau dalam istilah pertelevisian hal ini lebih dikenal dengan sebutan "Rating".

Rating ini sangatlah penting karena nantinya akan terkait dengan harga pemasangan iklan pada program yang bersangkutan. Semakin tinggi Rating suatu program tentunya akan semakin mahal biaya yang harus dikeluarkan pemasang iklan pada program tersebut. Rating ini menunjukkan persentase dari target audience yang menonton suatu program. Misalkan program Empat Mata memperoleh rating 4, itu berarti 4 persen dari total populasi menyaksikan program empat mata. 

MMT Batch 2 GroupM - Peoplemeter
Nah, sekarang muncul satu pertanyaan, apakah teman-teman paham sebenarnya apa sih makhluk yang bernama rating ini? Kalau menurut sumber dari wikipedia, rating adalah sebagai berikut: Nielsen ratings are the audience measurement systems developed by the Nielsen Company, in an effort to determine the audience size and composition of television programmingNah, bingung ga? Jadi gini deh gampangnya, pada dasarnya rating adalah ukuran yang digunakan untuk menilai berapa banyak pemirsa yang menyaksikan suatu program di sebuah stasiun televisi. Kenapa disebut rating Nielsen, karena penemu system ini bernama Arthur Nielsen seorang market analis yang berfokus di bidang analisa brand-brand periklanan di televisi yang juga merambah ke radio sejak 1920-an.

Sebelum kami tergabung menjadi MMT batch 2 GroupM, kami berpikir bahwa di setiap televisi kami tertanam alat yang mendeteksi apa yang kami tonton. Oleh karena itu, kami merasa ikut bertanggung jawab atas kualitas acara televisi di Indonesia. Namun, setelah tergabung dengan MMT batch 2 GroupM dan mendapatkan materi mengenai Rating, kami mendapatkan pemahaman yang benar.

Bagaimana rating ini diukur? Untuk mengukur rating, dapat menggunakan alat yang dinamakan Peoplemeter. Peoplemeter ini merupakan suatu alat yang dihubungkan pada televisi di rumah-rumah yang dijadikan sample. Pada Peoplemeter ini terdapat beberapa tombol untuk seluruh anggota keluarga. Di remote control tersebut ada beberapa tombol (tombol ayah, tombol ibu, tombol anak,tombol pembantu rumah tangga, dst) nah ketika masing-masing anggota keluarga akan menonton TV, mereka harus memencet dulu tombol identifikasi tersebut sebelum mulai memilih channel. Dari situlah Nielsen mendapatkan data mengenai gambaran pola menonton televisi.

No comments:

Post a Comment