Pages

Sunday, May 27, 2012

Ode for The Code



Merasa pernah liat gambar di atas? Klo ga pernah berarti kamu kelamaan tinggal di gunung.
Dan pastinya kamu ga pernah dapet lungsuran ilmu dunia digital dari tim GroupM Interaction Indonesia. (Ya iya lah, kan yang dapet cuma MMT Batch 2 GroupM doang kali, hehe)

Ya, benar. Itu adalah contoh bentuk dari yang namanya QR code.
Eits ntar dulu, emang tau ga QR itu kepanjangannya apa?
Kamu ga cukup garing kan untuk menjawab Question and Ranswer?
Ok, QR yang dimaksud di sini adalah singkatan dari Quick Response, yang mana pada dasarnya tujuan dari diciptakannya kode ini adalah untuk menyampaikan informasi dengan cepat dan mendapatkan respon yang cepat pula.

Hmm si QR code ini dari mana sih asal muasalnya?
Sebenernya QR code ini awalnya dikembangkan oleh sebuah perusahaan Jepang, Denso, untuk membawa barcode ke tahap yang lebih jauh dan mulai dipublikasikan pada 1994. Di Indonesia sendiri yang pertama kali menggunakan dan memperkenalkan penggunaan QR code adalah Kompas.

Penggunaan QR code pertama di Indonesia oleh Kompas

Terus apa sih kegunaan dan manfaat QR code ini?
Wah di tengah meluapnya devices and gadgets serta maraknya dunia digital seperti yang diceritakan kakak-kakak di GroupM Interaction Indonesia, QR code ini bakalan kepake banget deh. Karena pada dasarnya QR code berfungsi sebagai penampung informasi yang dapat berupa hyperlink, para pemasar akan sangat dimudahkan untuk mengajak para target pemirsanya untuk sampai di landing page yang diinginkan dengan cepat, aman, dan nyaman. Caranya juga simpel, tinggal pindai si kode dengan kamera gadget, terus udah deh informasi apapun yang ingin ditampilkan akan segera keluar.

Oya, QR code itu ga melulu mesti hitam putih dengan design yang ngebosenin lho. Nih deh dikasih liat beberapa contoh QR code yang warna warni dan keren-keren.


Nah terus beberapa waktu yang lalu di New York ada campaign dari brand beer Guinness yang menggunakan QR code juga. Uniknya, QR code tersebut dicantumkan pada gelas bir, yang mana baru akan muncul setelah gelas itu diisi dengan bir Guinness, karena kalo diisi dengan bir lain warna birnya ga akan cukup gelap untuk memunculkan QR code tersebut.


Terus apa pentingnya info ini di share?
Hmm yah penting-penting amat sih engga, cuma ya biar kalian makin gaul dan bercakrawala luas aja lah kaya anak-anak MMT Batch 2 GroupM, hahaha.

No comments:

Post a Comment