Pages

Thursday, May 10, 2012

The Importance of Advertising


MMT Batch 2 GroupM - The Importance of Advertising


Pada post ini, saya ingin berbagi mengenai hal menarik yang saya temukan di sebuah situs bernama Reddit. Reddit sendiri merupakan situs social bookmark dimana kita dapat bertukar link maupun pendapat selayaknya forum. Saya menemukan sebuah pertanyaan menarik yang juga ingin saya bagi kepada MMT Batch 2 GroupM, "Berapa lama Coca-Cola dapat bertahan tanpa iklan sama sekali?".

Menurut penanya di reddit, Coca-Cola merupakan brand yang sangat kuat. Semua orang di seluruh dunia tahu apa itu Coca-Cola, dari para pencinta soda di Amerika sampai dengan para anak-anak yatim di Uganda. Lalu andaikan Coca-Cola benar-benar tidak melakukan campaign iklan sama sekali, seperti tidak menggunakan iklan TV, poster, dan lain-lain, dia menduga bahwa tidak akan ada pengaruh yang signifikan terhadap Coca-Cola untuk waktu yang cukup lama.

Lalu di Reddit ada seseorang yang mengaku sebagai orang yang bekerja di periklanan dan dia merespon pertanyaan orang tersebut. Dia bercerita bahwa dia pernah mengikuti sebuah konferensi yang diadakan beberapa tahun lalu di New York yang juga dihadiri oleh Vice President dari Coca-Cola. Vice President tersebut menjelaskan bahwa mereka pernah melakukan eksperimen besar beberapa tahun lalu dimana mereka menghentikan seluruh aktivitas aktivitas periklanan di sebuah area. Hal tersebut dilakukan untuk melihat apakah dana yang mereka keluarkan untuk beriklan benar-benar efisien. Dan hal yang terjadi adalah penjualan mereka instan jatuh secara signifikan.

Oleh karena itu betapa tertanamnya suatu brand di otak kita, sangatlah jelas bahwa iklan masih sangat diperlukan untuk mengingatkan konsumen akan produk dari brand tersebut. Apalagi untuk Coca-Cola yang memiliki kompetitor yang cukup kuat seperti Pepsi. Sehingga kami sebagai MMT Batch 2 GroupM yang bekerja di media agency harus sadar bahwa kami memiliki peranan yang sangat penting.

sumber: Reddit

No comments:

Post a Comment