Pages

Saturday, May 26, 2012

Music Recommendation Social Media


MMT Batch 2 GroupM - Last.fm



Post kali ini, MMT Batch 2 GroupM akan membahas sebuah situs social media yang mungkin sudah ditangani oleh GroupM Interaction Indonesia. Pada dasarnya, manusia itu senang berbagi dan mereka juga senang menerima informasi yang sesuai dengan kesukaan mereka. Pernah ga sih kamu suka artis tertentu dan pengen berbagi kepada teman-teman tentang artis itu? Dan pernah juga ga sih kamu bosan dengan playlist kamu dan pengen mendengarkan lagu-lagu baru yang sesuai dengan kesukaan kamu? Nah masalah-masalah tersebut bisa diatasi dengan sebuah social media yang bernama Last.fm.

Last.fm adalah sebuah social media rekomendasi musik yang memungkinkan para usernya untuk share history playlistnya secara otomatis ke dalam sebuah profile. Loh, gimana caranya playlist-playlist kita bisa masuk ke Last.fm? Jadi kita masukin satu-satu lagu apa aja yang pernah kita dengerin? Tentu tidak. Last.fm memiliki sebuah software yang bernama Audioscrobbler.

Audioscrobbler akan mendeteksi musik apa yang sedang kita mainkan dari music player software kita, lalu informasi tersebut akan dikirimkan ke dalam profile kita secara realtime sehingga teman-teman kita bisa melihat musik apa yang kita mainkan. Selain itu Audioscrobbler juga akan menampilkan informasi mengenai bio artis, serta statistik berapa kali lagu yang kita mainkan sudah didengar oleh para pengguna Last.fm.

Lalu berdasarkan music history yang kita kirimkan ke Last.fm, kita juga akan mendapatkan rekomendasi musik berdasarkan musik-musik apa yang pernah kita mainkan. Andaikan kita sering mendengarkan musik jazz, maka Last.fm akan memberikan rekomendasi artis-artis bergenre jazz yang belum pernah kita dengarkan sebelumnya. Begitu juga dengan genre-genre lain. Sehingga bagi orang-orang yang suka mencoba mendengarkan musik-musik yang baru, fitur ini akan sangat berguna.

Fitur lain yang diberikan oleh Last.fm adalah radio yang akan memutar lagu-lagu yang sesuai dengan genre-genre yang kita suka. Namun sayangnya fitur ini adalah fitur berbayar. Last.fm sudah cukup populer di Indonesia, namun belum sepopuler seperti Facebook dan Twitter. Profile musisi-musisi lokal sudah bisa banyak ditemui di situs ini. Namun sistem rekomendasinya sepertinya masih belum bagus karena seluruh musisi Indonesia dianggap similiar walaupun memiliki genre yang jauh berbeda.

Nah semoga informasi ini berguna dan bisa menambah wawasan kita semua. Silahkan kalau mau add profile Last.fm kami dan mari berbagi musik-musik favoritmu.

http://www.last.fm/user/setoprabowo
http://www.last.fm/user/gandinarangga

No comments:

Post a Comment