Pages

Tuesday, May 22, 2012

Hah Masarin Gorila?


Gimana caranya masukin gajah ke dalam kulkas?
Buka kulkasnya, masukin gajahnya, tutup kulkasnya

Gimana caranya masukin gorila ke dalam kulkas?
Buka kulkasnya, keluarin gajahnya, masukin gorilanya, tutup kulkasnya

Gimana caranya masukin tikus ke dalam kulkas?
Buka kulkasnya, masukin tikusnya, tutup kulkasnya. Tikus kan kecil, muat kok doi ama gorila.

Pernah dengar tebak2an (agak kurang) lucu di atas? 
Ok, caranya masarin gorila ga akan semudah itu.

Terus gimana caranya masarin gorila?
Hah are you retarded or something? why do we have to discuss how to sell a big fury-scary main actor on KingKong movie?

Hahaha, sebenarnya blog MMT Batch 2 GroupM kita kali ini mau ngebahas tentang yang namanya "Guerilla Marketing" dan meskipun terdengar seperti "Gorilla Marketing" dan kemungkinan banyak orang awam yang salah tangkap, tenang saja kita tidak sedang menyuruh anda sekalian untuk menjual gorila dengan ilegal dan berurusan dengan WWF kok.
Ok, biar MMT Batch 2 GroupM ga makin dicurigai atas penjualan ilegal hewan langka, mari kita langsung bahas apa itu "Guerilla Marketing" sebenarnya.

Pada dasarnya Guerilla Marketing adalah kampanye promosi atas suatu brand tertentu hanya saja caranya tidak seperti iklan biasa. 
Guerilla Marketing haruslah bersifat kreatif, orisinil, dan biasanya hanya menghabiskan sedikit biaya karena dimaksudkan sebagai campaign yang lo-cost hi-impact.

Karena tidak menggunakan cara-cara konvensional, kunci dari Guerilla Marketing adalah memancing ketertarikan dan interaksi yang mana biasanya terjadi secara tidak terduga di tempat yang juga tidak lazim. Tujuan dari Guerilla Marketing sendiri adalah menciptakan konsep campaign yang unik, menarik, dan provokatif sehingga dapat menghasilkan suatu buzz yang berujung pada viral (menyebar bagai virus).

Sebutan Guerilla Marketing sendiri berasal dari nama taktik perang gerilya, atau Guerilla Warfare, yang taktik penyerangannya berbentuk penyerangan sekelompok kecil pasukan yang mengendap-endap memasuki wilayah musuh untuk meruntuhkan pertahanan musuh dengan jumlah lebih besar secara diam-diam.

Ok, biar makin seru "perang"-nya, silahkan dinikmati parade amunisi Guerilla Marketing berikut.














No comments:

Post a Comment