Pages

Thursday, May 17, 2012

Search Engine Optimization


Halo, salam dari MMT Batch 2 GroupM. Kali ini kami akan membahas mengenai pengalaman kami dalam memperoleh materi dari GroupM Interaction Indonesia. Materi yang kami dapatkan cukup banyak dan sangat menarik. Jadi, supaya fokus, satu-satu dulu ya..

Well, mari kita mulai dengan SEO. Apa itu SEO?

SEO atau Search Engine Optimization adalah suatu cara untuk memasuki media digital. SEO seperti namanya adalah bagaimana mengoptimalisasikan search engine dengan penggunaan keyword. Secara mudah, bisa dibayangkan secara bertahap seperti ini.

Pertama-tama, Kamu harus menyiapkan keyword yang ingin dibuat ‘terkenal’, dalam artian muncul pada halaman atas search engine. Misalnya, saya ingin menjadikan 'GroupM Interaction Indonesia' terkenal dengan memunculkannya pada halaman pertama google search. Berarti keyword yang saya gunakan adalah: GroupM Interaction Indonesia. Semakin spesifik dan tepat kata kuncinya, akan semakin memudahkan kita untuk menempatkan pada halaman pertama search engine.  

Nah, langkah selanjutnya adalah menentukan media atau channel untuk menempatkan kata kunci tersebut. Masih dalam kasus yang sama dengan keyword 'GroupM Interaction Indonesia', kita akan menempatkannya pada blog. Media yang digunakan tidak hanya berupa blog, namun bisa juga berupa website dan sebagainya. Namun, dalam contoh kasus ini kami menggunakan blog MMT batch 2 GroupM ini, yaitu http://media-maestro-indonesia.blogspot.com.


Tahap berikutnya adalah tahap yg sangat menentukan dan membutuhkan strategi. Blog atau website yg telah ditentukan sebagai channel harus dilengkapi dengan konten yang berkualitas dan menarik; bersesuaian dengan keyword yang ingin dioptimalisasikan.

Misalnya, dengan keyword 'GroupM Interaction Indonesia', konten yang sesuai adalah yang berhubungan dengan pemasaran digital atau kegiatan-kegiatan yang dilakukan GroupM Interaction Indonesia. Konten yang dimasukan juga harus bermanfaat bagi pembacanya sehingga pembaca akan datang kembali secara rutin dan memberikan response pada konten, yaitu dengan memberikan komentar, membagi dengan akun sosial media-nya, memberikan +1, dan sebagainya.

Konten yang menarik dan berkualitas memang sangat penting. Namun, strategi memasarkan (atau buzz) blog/website juga tak kalah penting. Kita setidaknya harus memberitahu calon-calon pembaca akan keberadaan blog/website kita.

Strategi buzzing ini dapat dilakukan antara lain dengan membagikan link pada sosial media yang kita miliki, mengulas blog/website pada forum-forum yang bersesuaian, membagikan backlink, dan sebagainya. Ada banyak cara yang dapat ditempuh.

Yang harus diingat adalah:
1. Pengunaan keyword pada konten-konten (sebanyak mungkin namun tetap tidak terasa mengganggu pembaca);
2. Posting yang teratur dan tetap berkualitas;
3. Jumlah pengunjung;
4. Backlink sehingga spider robot dalat menemukan blog/website kita dengan mudah;
5. Metatag yang pas dan berisikan keyword yang tepat akan sangat membantu.

Untuk Google search engine, banyaknya pemberian +1 dapat mendongkrak peringkat.

Lalu, apa pentingnya optimalisasi search engine?

Hampir semua pengguna internet sekarang ini menggunakan search engine untuk mencari informasi apapun, yang mana hingga April 2012 Google masih menjadi pilihan utama dengan statistik pengguna lebih dari 80% (Sumber: http://www.statowl.com/search_engine_market_share.php). Hingga ada t-shirt print yang mengatakan: "I'm famous. Google me!". Jika kita berada pada halaman pertama search engine, maka kemungkinan pengguna internet untuk mengetahui kita sangat besar. Hal ini tentunya sangat bermanfaat untuk para pemasar yang memasarkan brand/produknya.

Sekian post dari MMT batch 2 GroupM. Untuk menutup post ini, saya ingin mengutip kata-kata seorang Trainer dari GroupM Interaction Indonesia :



"Content is the king, and Marketing is The Queen, and The Queen runs the household of the empire"

No comments:

Post a Comment